Menu

7 Langkah Menjadi Proaktif di Kantor

7 Langkah Menjadi Proaktif di Kantor-jualraktoko.com

7 Langkah Menjadi Proaktif di Kantor-jualraktoko.com

Oleh Tim AndrieWongso

Pada umumnya orang yang proaktif memiliki visi ke depan dan selalu bersikap optimis dalam segala tindakannya. Dia bahkan selalu berinisiatif untuk melakukan sesuatu tanpa diminta sebelumnya.

Tidak semua orang tentunya memiliki skill atau kemampuan untuk menjadi sosok yang proaktif, akan tetapi hal tersebut bisa dipelajari dan Anda bisa mengubah dan membentuk diri untuk menjadi salah satu orang yang memiliki kemampuan tersebut.

Berikut ini adalah 7 langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjadi proaktif di kantor:


  1. Satu pekerjaan dalam satu waktu

Menunda, menangguhkan sesuatu, tidak memberikan fokus dan perhatian penuh terhadap sesuatu adalah salah satu penghambat langkah Anda untuk menjadi seorang yang proaktif. Uraikanlah pekerjaan-pekerjaan tersebut menjadi tahapan yang dapat Anda atur dan buat kemajuan sedikit demi sedikit. Tetapkan tujuan-tujuan yang dapat Anda atur dan capai. Hal terpenting adalah jangan takut untuk mengambil langkah pertama.


  1. Kurangi kecepatan

Terus-menerus terburu-buru dalam mengerjakan dan menyelesaikan satu pekerjaan ke pekerjaan berikutnya, dari tenggat waktu ke tenggat waktu yang lain, dari hari ke hari tentunya akan membuat Anda merasa lepas kendali. Luangkanlah waktu untuk mencari cara pendekatan yang berbeda terhadap peristiwa dan kejadian, dan apa tujuan yang ingin Anda kejar.


  1. Bertindak

Perhatikan semua umpan balik yang diberikan manajer atau supervisor kepada Anda. Kenali dan pahami apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan Anda, kemudian ambil langkah-langkah untuk membuat perubahan dalam pola kerja Anda sesuai dengan umpan balik yang Anda terima.


  1. Tunjukkan kreativitas

Untuk menjadi proaktif, Anda perlu membuat perubahan. Anda bisa memulainya dengan melakukan langkah-langkah kecil atau mulai melakukan hal sehari-hari yang berbeda. contohnya: tiba di kantor setengah jam lebih awal dan menyelesaikan pekerjaan satu jam sebelum waktu pulang.


  1. Pelajari hal baru

Memiliki lebih dari satu keterampilan akan sangat membantu untuk mempersiapkan masa depan Anda. Seorang yang proaktif akan lebih tertarik untuk memperoleh keterampilan baru daripada merenungkan apakah yang mereka lakukan itu berguna atau tidak.


  1. Jadilah orang yang menyenangkan

Cobalah dalam sehari Anda tidak menghakimi, memberi contoh dan bukan tukang kritik. Pilihlah untuk menjadi bagian dari solusi dan bukan sebuah masalah.


  1. Berkomitmen untuk bersikap proaktif

Akan ada masanya Anda merasa tidak perlu mempertimbangkan untuk mengambil inisiatif. Entah itu dalam pekerjaan maupun kehidupan pribadi. Jangan biarkan usaha dan langkah-langkah yang sudah Anda lakukan untuk mengubah diri menjadi sia-sia dengan tidak berkomitmen penuh terhadap perubahan tersebut.

Salam Sukses Luar Biasa!

http://rayarakminimarket.com/jual-troli-murah/

http://jayarak.com/jual-troli-barang-plat-metal/

http://jualrak.asia/trolley-barang

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *